TENTANG KSE

A. PENGANTAR

KSE merupakan suatu wadah kegiatan terpadu antara pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam hubungannya dengan studi serangga yang meliputi identifikasi serangga ditinjau dari morfologi, fisiologi, tingkah laku, ekologi dan aplikasi serangga baik di dunia industri, kesehatan, pertanian maupun lingkungan.
Serangga merupakan klasis dari filum Arthropoda. Dikenal sebagai klasis dengan jumlah anggota terbanyak dalam dunia hewan, karena mencakup 72 persen dari seluruh hewan yang ada di bumi. Sebanyak 800.000 spesies telah diidentifikasi, dan masih banyak yang belum ditemukan. Klasis ini terdistribusi di seluruh bagian dunia, baik darat maupun air, dengan varietas terbanyak ditemukan di daerah tropis.
Dua faktor yang membuat serangga menjadi makhluk dengan jumlah paling dominan di bumi adalah daur hidup yang pendek dan tingkat reproduksi yang tinggi. Kedua faktor ini menimbulkan tingkat adaptibilitas yang tinggi untuk segala macam perubahan kondisi alam melalui proses mutasi antar generasi.

B. SEJARAH BERDIRI

KSE didirikan oleh sekelompok mahasiswa Biologi UGM yang tertarik pada serangga tanggal 25 Agustus 1998, dengan Tujuan, VISI dan MISI sebagai berikut:

Tujuan:

  1. Mengembangkan rasa dan kognisi sosial mahasiswa
  2. Membantu proses pemberdayaan masyarakat terutama di pedesaan
  3. Mengantarkan anggota KSE menjadi sarjana yang memiliki kepribadian mantap, berkepedulian terhadap masyarakat dan berjiwa kewirausahaan.

Visi & Misi:

  1. Meningkatkan skill di bidang entomologi dan disiplin ilmu yang terkait
  2. Memberi pengabdian kepada masyarakat di bidang entomologi dan hal-hal yang terkait dengan serangga

Sasaran: Mahasiswa mahasiswa UGM khususnya fakultas biologi dan masyarakat sekitarnya.

 

 

C. STRUKTUR ORGANISASI

Pada kongres Koloni ke XI pada hari Sabtu, 16 Januari 2010, terjadi perombakan dalam struktur organisasi KSE. Struktur yang baru sebagai berikut:

 

Dengan Kepengurusan yang baru (2013) pula yaitu

DP (Dewan Penasehat):

  1. Dr. R. C. Hidayat Soesilohadi, M. S.

DPO (Dewan Pertimbangan Organisasi) :

Ketua         : Rega Virgiana Agustin

Sekretaris : Dodik Dermawan

Bendahara : Septi

Kepala Divisi Penelitian  : Kezia Y.C.

Kepala Divisi Media         : Martina Faika .H

Kepala Divisi Jaringan     : Zahtaman A. Lubis

Kepala Divisi PSDM         : Wulan Suci

Leave a Reply