Makrab & Outbound Kebersamaan 2013

Setelah diklat lapangan, kegiatan bersama anggota KSE selanjutnya yang paling ditunggu adalah Makrab & Outbound Kebersamaan. Tahun ini, acaranya dilaksanakan di tempat yang sama dengan Rapat Kerja & Family Gathering 2013, yaitu di Joglo Abang, Sleman, Yogyakarta. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 16-17 Maret 2013. Seperti tahun-tahun sebelumnya, sasaran peserta acara ini adalah semua anggota KSE khususnya para larva dan pupa.

Hari pertama, pada sore harinya diadakan pematerian tentang manajemen diri yang disampaikan oleh  Azizah Amaliah, mahasiswi Fakultas Hukum 2009. Mbak Aje, begitu sapaannya, menyampaikan bagaimana cara memanajemen diri dengan tepat, mengatur waktu, kondisi tubuh, dan amanah dengan seimbang. Beliau mengatakan bahwa dalam melakukan sesuatu pekerjaan, lakukanlah dengan sebaik-baiknya tapi janganlah menjadi orang yang perfectionist, pasang deadline agar dapat ber-multitasking dalam mengerjakan beberapa hal, serta jangan jadi orang yang memegang prinsip ‘the power of kepepet’. Beliau juga mengingatkan kepada peserta bahwa menjadi mahasiswa UGM tidaklah mudah dan murah, dan perlu disadari bahwa rakyat juga sangat berperan andil dalam membiayai biaya kuliah kita melalui pajak yang dibayarkan ke pemerintah.

”Jadi, kita memiliki tanggung jawab terhadap Tuhan sebagai makhluk beragama melalui ibadah, bertanggung jawab terhadap orang tua melalui akademik kita, serta bertanggung jawab kepada negara dan rakyat yang sangat membantu kita untuk membiayai kuliah. Maka dengan itu, melalui KSE ini.. terjunlah ke masyarakat dengan cara kalian sendiri, berikanlah apapun yang dapat kalian berikan.. apapun itu sangat berharga..”, ujar Aje.

Setelah penyampaian materi manajemen diri yang super dari mbak Aje, pada malam harinya setelah sholat isya’  dilanjutkan dengan pematerian tentang keorganisasian oleh Anggit Adi Wijaya mahasiswa Fakultas Geografi 2010 UGM. Anggit menyampaikan bahwa pertama, kita harus menyadari dulu siapa kita di organisasi tersebut. Orang tipe seperti apakah kita, apakah orang wajib yang ada tidaknya kita sangat berpengaruh pada organisasi, orang sunah, orang mubah, orang makruh atau bahkan orang haram yg adanya kita sangat merugikan organisasi tersebut. Selanjutnya beliau juga mengatakan, dalam memimpin organisasi kita harus telah selesai dulu dengan urusan diri sendiri (kepemimpinan diri sendiri). Beliau juga menjelaskan bahwa pentingnya menjaga komunikasi dalam suatu organisasi.

“Hal yang paling penting dalam suatu organisasi itu ada tiga hal, yaitu.. 1. Komunikasi, 2. Komunikasi dan 3. Komunikasi”, jelas Anggit yang sekarang menjabat menjadi Ketua BEM Fakultas Geografi 2013.

Setelah semua pematerian usai, acara selanjutnya adalah acara senang-senang bersama. Setiap anggota dibagi menjadi beberapa tim, yang selanjutnya setiap tim diwajibkan untuk menampilkan suatu pentas seni apapun itu. Pentas seni tersebut berlangsung dengan meriah dan penuh tawa ditambah dengan suasana malam yang diterangi oleh api unggun. Setelah pentas seni usai, para tim diberi permainan yaitu kuis dan menebak benda. Sebelum tidur, diadakan terlebih dahulu pemenang KSE Awards.

Esok harinya, seperti biasa dilaksanakan senam pagi bersama tentunya dengan gerakan aneh dan tak bermaknan yang mengundang tawa. Setelah santap pagi, acara yang ditunggu-tunggu pun dimulai, yaitu outbound kebersamaan. setiap tim dilepas menuju pos-pos permainan yang telah disiapkan panitia, tapi kali ini setiap kali pelepasan, terdapat 2 tim yang dilepas karena sistem pada outbound ini adalah battle tim.

DSC_0030DSC_0043

Gambar 1. Persiapan sebelum outbound (A); dan salahsatu tim sedang serius menyusun paku di permainan pos 2.

Setelah melewati pos-pos permainan dan pemaknaan, tim yang mengumpulkan banyak poin saat permainan dinobatkan sebagai Tim Terbaik, sedangkan tim yang paling sedikit mengumpulkan poin dinobatkan sebagai Tim Kalah yang selanjutnya diberikan hukuman. [Solenopsis invicta]

DSC_0062

Gambar 2. Gaya songong Tim Terbaik Makrab & Outbound KSE 2013

 

DSC_0082

Gambar 3. Sebelum pulang, foto bersama dulu

About Kelompok Studi Entomologi

Kelompok Studi Entomologi (KSE) merupakan suatu organisasi semiotonom di Fakultas Biologi UGM yang mengkaji di bidang keilmuan entomologi (Animalia Class : Hexapoda/insekta), meliputi sistematika, fisiologi, ekologi dan peranannya.
This entry was posted in Buletin KSE : Feromon and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply